Rabu, 25 Juni 2014

Bagi anda yang sudah bosan dengan wisata yang biasa-biasa saja, ini adalah pilihan yang menarik untuk me-refreshing pikiran yang penat. Rafting di Sungai Elo terbilang aman karena dikelola oleh operator yang profesional serta dilengkapi asuransi resmi. Sungai Elo berada di Kelurahan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Medan Berbatu Rafting Elo
Medan Berbatu
1. Wisata Rafting
Rafting di Sungai Elo menggunakan perahu plastik yang sudah disediakan operator. Satu perahu dapat memuat lima orang dengan satu operator yang menjadi navigasi. Biaya yang dibutuhkan cukup terjangkau, mulai dari Rp 150.000 per orang. Sungai Elo berhulu ke Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran, sehingga tidak dipengaruhi oleh aliran material vulkanik dari Gunung Merapi. Paket wisata arung jeram sungai elo ini tersedia di semua musim, baik musim panas atau hujan. Jeram-jeram yang dimiliki oleh sungai elo adalah jeram-jeram yang mempunyai kelas II sampai dengan III sehingga aman bagi pemula.

Bagi anda yang belum pernah sekalipun melakukan rafting, jangan takut, karena akan ada pengarahan dari operator tentang bagaimana merwisata rafting dengan benar dan aman. Setiap orang juga akan mendapatkan peralatan lengkap, meliputi helm, pelampung, dan dayung. Sungai elo mempunyai jarak 12 kilometer, dengan waktu untuk melakukan wisata arung jeram sekitar 2,5 jam sampai dengan 3 jam.

Medan sungai elo ini sangat bervariasi, mulai dari aliran tenang, menengah, hingga berliku-liku dengan aliran deras berbatu-batu.  Sesekali operator akan membuat manuver yang mengasyikkan, yang akan membuat anda berteriak-teriak keasyikan. Yang pasti, jangan pernah panik dan patuhi semua peraturan dan arahan dari operator. Selamat berwisata.

2. Fasilitas
Dengan harga minimal Rp 150.000, anda akan mendapatkan fasilitas-fasilitas yang sesuai kebutuhan. Dari basecamp rafting, anda akan menaiki minibus bersama rombongan menuju sungai elo. Anda juga berhak atas asuransi jiwa, dan fasilitas keamanan rafting. Selain itu, di pertengahan rute rafting, anda akan berhenti sejenak untuk menikmati sajian kelapa muda dan jajanan tradisional. Saat anda sampai ke garis finis, anda akan diantarkan kembali ke basecamp rafting. Di basecamp ini anda dapat memarkir kendaraan dan menikmati makan karena luas dan banyak restourant.
minibus rafting elo
Minibus
kelapa muda jajaran rafting elo
Kelapa muda dan jajanan
3. Lokasi
Lokasi sungai Elo terletak di Kabupaten Magelang yang beralamat lengkap di desa Pare, Blondo kelurahan Mungkid, jawa tengah. Sungai Elo sangat dekat dengan obyek wisata seperti Candi Mendut dan Candi Borobudur. Untuk jarak tempuh bila anda dari kota Jogjakarta adalah sekitar 40 menit.

Baca juga: Mengapa Anda Perlu Travelling??

0 komentar:

Posting Komentar